Amalkan Ini Kata Imam al-Ghazali.

Media SwraTrns. com – Imam al -Ghazali menerangkan dalam kitab Ihya Ulumuddin bahwa terdapat satu amalan yang dahsyat yang fungsinya untuk penebus dosa yang tidak bisa dihapus oleh istighfar.

Terdapat  amalan    menghapus dosa  yang jarang diketahui banyak orang. Padahal amalan bisa mengalahkan keutamaan istighfar untuk menghapus dosa- dosa kita. Dengan kata lain, disaat istighfar tidak mampu menghapus dosa-dosa seseorang, terdapat amalan lain yang dahsyat sehingga mampu menghapus dosa-dosa sese orang. Sebagaimana diketahui, bahwa mengucapkan istighfar tidak serta -merta dosa-dosa kita semuanya akan diampuni. Ada beberapa dosa yang tidak bisa diampuni  hanya  dengan mengucapkan istighfar Amalan ini termaktub dalam salah satu karya sang Hujjatul Islam, Imam al – Ghazali yang sangat monumental dan masyhur yakni Ihya Ulumuddin.

Menukil NU Online, sebagian ulama mengatakan, istighfar memang amalan untuk menghapus dosa. Tetapi istighfar tidak dapat menghapus semua jenis dosa.

Ada jenis dosa tertentu yang hanya dapat dihapus oleh amalan selain istighfar. Sebagian ulama tidak menyebutkan dosa apa yang tidak dapat dihapus oleh istighfar.

Mereka hanya menyebut amalan utama penghapus dosa tersebut, yaitu perjuangan dalam memenuhi nafkah untuk keluarga.  وقال بعض السلف من الذنوب ذنوب لا يكفرها إلا الغم بالعيال وفيه أثر عن رسول الله صلى الله عليه وسلم أنه قال من الذنوب ذنوب لا يكفرها إلا الهم بطلب المعيشة

Artinya: “Sebagian ulama mengatakan, ada jenis dosa yang tidak dapat dihapus kecuali oleh keresahan perihal nafkah keluarga. Perihal ini terdapat hadits Rasulullah saw dari (sahabat Abu Hurairah ra), ‘Dari sekian dosa terdapat jenis dosa yang tidak dapat ditebus kecuali dengan kebimbangan untuk mencari penghidupan (keluarga), (HR At-Thabarani, Abu Nu’aim, dan Al-Khatib),” (Imam Al-Ghazali, Ihya Ulumi – ddin, [Beirut, Darul Fikr: 2018 M/1439-1440 H], juz II, halaman 37). (Sumber : Liputan6)